Cara Mengatasi Anak Demam

balita-tidur

Cara Mengatasi Anak Demam – Demam adalah gejala pada anak yang menjadikan para orang tua mengeluh saat berkonsultasi pada dokter. Dari data yang dihimpun melalui lembaga kesehatan anak terdapat 30% total kunjungan konsultasi untuk kasus demam pada anak.

Sebenarnya demam tidak lain adalah reaksi tubuh untuk melakukan perlawanan terhadap suatu infeksi penyakit. Maka dalam hal memastikan anak demam, para orangtua harus mengukur suhu tubuh anak. Apabila suhunya lebih dari 37,5 derajat celsius, maka dapat dikatakan anak mengalami demam.

Permulaan dalam mengatasi demam pada anak adalah hal yang perlu dilakukan.
Menurut riset para ahli mengemukakan cara pertolongan pertama yang orang tua mesti dilakukan di rumah, apabila demam tinggi pada anak.

  • Terapi tradisional

Terapi tradisional teramat penting dilakukan, sebab melalui proses evaporasi di dalam tubuh anak sehingga memberikan kenyamanan bagi anak. Umumnya terapi tradisional memakai bawang merah.

Cara ini cukup sederhana tinggal membalurkan irisan atau potongan bawang merah pada punggung anak.

  • Mediasi kompres air hangat

Kompres air hangat tentunya sangat lazim dilakukan semenjak dahulu sampai saat ini. Ada kegiatan kompres yang tidak dibolehkan yakni kompres air dingin.

Pemanfaatan kompres air hangat berdampak pada terjadinya vasodilatasi atau pelebaran pori-pori kulit dan pembuluh darah. Hal inilah yang menimbulkan penguapan yang baik untuk pendinginan tubuh.

Kompres air hangat dilakukan selama +1 sampai 1/2 jam pada setiap 1/4 jam sekali air kompres yang sudah dingin harap diganti.Pengompresan ditempatkan pada lipatan ketiak dan punggung anak.

  • Memperbanyak minum air putih bagi anak

Air mempunyai peranan yang sangat penting dalam menormalkan suhu tubuh. Apabila anak diberikan minum banyak sangatlah bagus, sebab dengan begitu anak akan mudah berkeringat yang menjadikan suhu panasnya menurun.

  • Istirahat yang cukup

Biarkan anak untuk beristirahat saat demam terjadi. Anak akan mudah lelah yang mengakibatkan gejala panan dan demam muncul lagi. Umumnya para orangtua lebih mudah cemas atau panik begitu anak demam, langsung dibawa kedokter. Biarkan anak mesti beristirahat untuk sementara waktu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s